page

Drag n Drop Dengan Flash

Dengan sedikit kreatifitas dasar "drag n drop" ini bisa di modifikasi jadi game sederhana yang mengasyikan. For the basic, ini tahap-an nya ...
  1. Buat file baru flash dengan AS 2.0. Di sini saya ubah properties ukuran menjadi 300 X 400 px, dan warna background biru muda.
  2. Buat movie klip baru dengan cara insert > new symbol (ctrl + f8), beri nama objek A dan pilih type dengan movie clip. Buat objek di dalamnya, di sini saya membuat object oval dengan huruf A untuk memudahkan mengetahui nama object.
  3. Setelah itu kembali ke scene 1 dan seret objek A yang ada di library ke dalam workspace. Pilih object A dan isi instance name pada bagian properties dengan nama A.
  4. Sekarang kita akan membuat tempat untuk meletakkan object A tersebut. Buat movie clip baru dengan cara yang sama dengan di atas, beri nama tempat A. Isi dengan objek yang akan menjadi daerah untuk meletakkan object A, Jadi perkirakan agar luas tempat A lebih besar dari object A, dan beri tanda huruf A untuk memudahkan mengetahui nama tempat A. Kembali ke scene 1 dan pilih object tempat A beri instance name tempat_A pada bagian propertiesnya.
  5. Sekarang buat layer baru dan beri nama action, untuk meletakkan action script dari masing - masing object. Pilih frame satu pada layer action buka frame action (f9) dan ketikkan script berikut :

    stop();
    function dragSetup(clip, targ) {
    clip.onPress = function() {
    startDrag(this);
    this.beingDragged = true;
    }

    clip.onRelease =
    circle_mc.onReleaseOutside = function () {
    stopDrag();
    this.beingDragged = false;

    if (eval(this._droptarget) == targ) {
    this.onTarget = true;
    _root.targ.gotoAndStop(2);
    }
    else{
    this.onTarget=false;
    _root.targ.gotoAndStop(1);
    }
    }
    clip.initialX = clip._x;
    clip.initialY = clip._y;
    clip.finalX = targ._x;
    clip.finalY = targ._y;

    clip.onEnterFrame = function() {
    if (!this.beingDragged && !this.onTarget) {
    this._x -= (this._x - this.initialX) / 5;
    this._y -= (this._y - this.initialY) / 5;
    }
    else
    if (!this.beingDragged && this.onTarget) {
    this._x -= (this._x - this.finalX) / 5;
    this._y -= (this._y - this.finalY) / 5;
    }
    }
    }

    //+untuk meletakkan nama object dan tempat object+
    dragSetup (A,t_A);


  6. Pastikan object A ada di atas tempat A, caranya dengan pilih object A klik kanan > arrange > bring to front.
  7. Setelah itu lakukan test movie dengan ctrl + enter. Mudah kan??
  8. Untuk memodifikasinya tinggal lakukan duplikat pada movie clip yang dibuat dengan cara klik kanan object A yang ada di dalam library > duplicate > beri nama baru misal B, dst. Jangan lupa juga untuk mengganti masing-masing instance name nya dengan huruf selanjutnya misal, B, C, dst. Dan tambahkan nama object dan tempat baru pada action scriptnya. untuk lebih mudahnya silahkan download contoh file mentahnya di sini
  9. here for the ex :

2 komentar:

  1. wah....

    bagus nih...
    tp ngendi ki link .fla ne...
    enak deh kalo ada .fla ne...
    iso tak edit2 maneh...
    ckckckckckck...
    :D

    BalasHapus
  2. hohoho, kmrn salah link nya ...
    ini tapi udah bener kok

    BalasHapus