page

Animasi Sederhana dengan AS 2.0

1. Mungkin anda sudah terbiasa menggerakan object dengan menggunakan “motion tween” yang menghubungkan 2 buah keyframe, tapi di sini saya akan membagi cara menggerakan benda tanpa motion tween tapi melalui script yang diketikan pada jendela action – frame

2. Buat file baru dengan aplikasi flash anda. Di sini saya menggunakan adobe flash CS 3 dan AS 2.0

3. Rubah properties terserah anda. Di sini saya menggunakan ukuran 300px X 400px,

warna background abu- abu dan frame rate 20 fps (semakin tinggi semakin halus

animasi yang dihasilkan)

4. Pada layer 1 frame 1 buat object terserah dengan menggunakan tool, di sini saya membuat object lingkaran tanpa border dengan warna gradasi. Letakan di ujung kiri halaman.

5. Pilih object yang tadi sudah dibuat klik kanan -> convert to symbol (f8) -> movie clip (rubah namanya di sini saya gunakan nama “lingkaran”). Kemudian isi instance name movie clip tsb dengan nama -> “bola”

6. Buat layer baru diatas object tersebut dengan nama “action”, buka jendela action-frame dan ketikkan script berikut :

bola.onEnterFrame = function():Void {

this._x = this._x+30;

if (this._x > 300) {

this._x = 30;

}

};

7. Coba test movie (ctrl + enter)

8. Anda bisa merubah angka pada script

// this._x = this._x+30;

Untuk menambah atau mengurangi kecepatannya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar